27 February 2007

Surat dari Dian Didin: Haloo semuaaa....

Halo haloo semua….

Gimana nih kabare? Saya di Jakarta, Alhamdulillah sehat wal afiat tanpa kekurangan 1 apapun. Duh udah lama sekali ya saya tidak hadir di milis KBMI. Banyak sekali yang mo diceritakan di sini. Dari mulai berita duka, suka, duka lagi, suka lagi sampe duka lagi… Jakarta oh Jakarta, kenapa kamu nak???

Indonesia lagi berduka dan berduka lagi… salah siapa ini semua?

Mungkin agak basi ya cerita yang mo dian sampaikan ini, tapi ga apalah, sekedar menyapa temans di Negeri Kiwi, semoga semua di sana dalam keadaan sehat semua ya..., amin...

Belum lagi LAPINDO kelar, menyusul kecelakaan Kereta Api, ga lama kemudian Pesawat Terbang, ehh lanjut Kapal Laut, belum lagi Gunung2 Api yang sekarang lagi lucu2nya mo nyemburin lagi isi perutnya. Ehh kemarin2 ini seperti menggenapkan semua kejadian di Indonesia, banjir melanda Jakarta. Hampir ¾ kota Jakarta terendam air. Tidak tanggung2 bahkan merendam hampir semua penjuru Jakarta, tidak hanya rumah2 kecil pinggiran kali, tapi juga perumahan2 elit dan juga area perkantoran. Bahkan dibeberapa tempat sampai meremdam keseluruhan rumah, sehingga memaksa semua penghuni rumah untuk di eksekusi, gimana tidak? Yang tidak terendam hanya pucuk pucuk atap rumah saja.

Banyak korban berjatuhan, tidak hanya orang tua, muda bahkan anak kecil jga balita yang meninggal dunia karena “fenomena alam” (begitu bang YOS mengatakan musibah yang terjadi di Jakarta kemarin).

Saya hampir seminggu tidak berani jalan2 jauh, karena banjir masih ada dimana2. Tercengang memang melihat Jakarta kerendem semua, bahkan adik saya sampai tidak kerja kurang lebih 1 minggu karena menunggu air di sekitar kantor surut.

Berbecek2an sudah jadi mainan kita semua di sini selama banjir melanda. Pokoknya Jakarta punya kolam renang yang ngalahin kolam renang Olympic deh, bahkan kolam di Te Rapa kalah gede deh.

Alhamdulillah rumah dian tidak banjir, malah di gang-an rumah dian gotnya kering tidak ada yang genang sama sekali, tapi di luar gang banjir semata kaki untungnya masih bisa dilewatin mobil. Yang parah tepat sebrang jalan rumah, komplek Perhubungan terendam dari pinggang sampai sedada orang dewasa, bisa dibayangkan banyak mobil yang diparkir di jalan dan macetnya ampunnnn, karena seperti jalan buntu di depan jalan juga banjir menghadang sampai selutut. Bener2 bingung mo keluar rumah ga bisa. Jalan Pemuda dekat rumah juga terendam sampai lutut, setelahnya genangan air, lalu sampai di bay pass A. Yani, banjir lagi kurang lebih selutut, trus lagi sampai Matraman – Pramuka ampunn… lumayan dalem juga. Trus Manggarai, mo ke Kampung Melayu, sudah tidak bisa di lewatin, ga kira-kira banjirnya hampir pinggang, bahkan daerah Sunter tempat adik dian kerja sampai hari selasa minggu depannya masih seselangkangan orang dewasa. Bisa dibayangkan Jakarta seperti Venezia yang banyak menggunakan perahu2. Mo ke Kelapa Gading, ampunnn…. Daerah ini sampai seminggu masih digenangi air, bahkan banyak temen dian yang rumahnya kemasukan air banjir bahkan sampai pinggang!!!! Kelapa Gading bagaikan danau baru yang sangat besar!!!! Semua terendam tidak ketinggalan Mall mewah Kelapa Gading Mall juga kena imbasnya. Tj. Priok juga sama, ga reda-reda. Wah pokoknya buat yang ga bisa berenang bisa belajar berenang gratis deh…

Bahkan yang kelaperan, kedinginan, rumahnya kerendem, baju-bajunya abis kerendem, sampai tidak bisa ganti baju beberapa hari tidak hanya 1- 2 orang yang mengalami, puluhan ribu atau bahkan ratusan ribu jiwa penduduk Jakarta mengalami hal tersebut. Lampu mati tidak hanya 1 atau 2 hari, bahkan ada yang 1 minggu mati lampu. Jaringan internet juga lumpuh, sampai sambungan telpon pun juga sama. Susahnya menghubungi saudara2 saya yang terendam banjir, bahkan via hp pun tidak ada signal, dan mereka harus irit batere dikarenakan listrik mati entah sampai kapan.

Jum’at 2 February 2007 hampir semua kota Jakarta kerendem, dari mulai pagi bahkan sebagian dari malam hari sebelumnya. Rumah tante2 dan om2 saya di daerah Kranji, Bekasi Barat, kerendem sampai puser orang dewasa. Bahkan 20 tahun tinggal di daerah sana, tidak pernah banjir sampai seperti ini, masuk ke dalam rumah dan merendem semua kawasan perumahan di sana. Bahkan sampai ada taksi yang sedang parkir terbawa arus sampai masuk ke dalam kali!!!

Ada kisah lucu terjadi di daerah perumahan tante saya tersebut, (kalau pada saat kejadian sama sekali tidak lucu, tapi setelah banjir reda dan semua saling cerita, terkadang ceritanya jadi lucu juga. Walau miris juga kalo inget J.

Namanya orang cari rejeki, bapak tukang sate ini masih aja getol jualan, waktu itu malam hari jumat, ketinggian banjir di daerah om saya udah sekitar lutut orang dewasa, tapi masih bisa dilewatin orang jualan, salah satunya tukang sate plus gerobaknya. Namanya juga mati lampu, lagi laper2nya eh lewat tukang sate!!! Wahh kayak ketemu air di tengah padang pasir!!! Dan tuh tukang sate juga nekat lewat depan rumah om saya yang pas sebrang jalannya adalah Kali Kranji yang airnya deres banget! “Bang Sate!!!” Wah banjir2 ada yang mo makan sate! Wahh beruntungnya saya dapet rejeki (mungkin itu yang diucap dibatin tukang sate tsb). Berhentilah tu tukang sate di depan rumah tetangga om saya, kebetulan om saya ada di depan teras lagi ngeliat jalanan yang makin lama makin ga keliatan dan gelap. Bakar2 sate rampung seperti biasa si tukang sate mengirimkan piring berisi sate lengkap ke customer setianya. Tapiiiii begitu balik……. bagaikan di sulap, gerobak sate miliknya kok lenyap??? Kemana perginya, siapa yang tega nyolong gerobaknya? Sambil celingak celinguk tuh tukang sate akhirnya nanya ke om saya, yang berada di balik pagar rumahnya yang dikunci, yang juga masih terbengong2 ngeliat gerobak tak berpengemudi jalan jalan di tengah2 banjir dan terseret arus kali yang deras. “Pak pak liat gerobak saya tidak?” “Gerobak? Lah itu gerobak bapak? Tadi baru aja lewat pak, wah udah ke sana kebawa arus!” kata om saya sambil menunjuk ke arah mana gerobak tadi pergi. Duh ngimpi apa ya si tukang sate tadi??? Udah jualan banjir2, dagangan belom kejual semua ehhh sekarang malah ludes kebawa arus air…. Sedihnya….

Tidak hanya tukang sate yang ilang gerobaknya, tapi juga tukang bunga yang punya tempat mangkal di pinggiran kali, selama banjir, dia cuma bisa ngeliat tanamannya jalan jalan di sekitar kali, bak peragawati yang melenggak lenggok di catwalk, tapi ini tanamanya 1 persatu wira wiri di kali yang ntah sampe mana berentinya. Lain yang jualan lain juga yang kejadian di rumah tante saya, bayangkan sangking derasnya air kali yang masuk ke perumahan tante saya, bahkan sampe Kulkas besar milik tante saya tebalik dan menari nari di dalam rumah, bahkan pake acara nunggang nungging pula bak balerina air yang sedang mengatraksikan gerakan2 indahnya!!! Walhasil kulkas, mobil, mesin cuci, lemari semua kerendem. Dan tidak tau deh masih bisa dipake ato tidak. Sedih dan miris ngeliatnya.

Sekarang rumah sakit bak Mangga Dua, RAMEEEEEE bahkan di koridor rumah sakit penuh dengan pasien2 yang tertimpa musibah, dan penyakit2 yang bikin pusing kepala, dari pusing, masuk angin, gatel2, diare, DBD bahkan sampe Leptospirosis dan masih banyak penyakit lain yang menghampiri. Dibeberapa tempat tidak sedikit yang STRESS alias kadang kayak orang gila, ato bahkan ada yang sampe gila beneran dan terpaksa di iket oleh tetangga2nya gara2 STRESS melihat rumahnya terendam air dan Lumpur!!! Kesian mereka, dari semua penjuru kasta, kaya, miskin ato bahkan yang memang sudah miskin banget semua seperti kelimpungan ga tau mo kemana dan mo ngapain setelah banjir. Stress melihat barang2nya kerendem dan bahkan ga sedikit yang rumahnya juga ilang kebawa arus. Bisa dibayangkan, saat air surut, dan semua balik ke rumah masing2 untuk beres2, sedang mereka yang rumahnya kebawa, bingung celingak celinguk mana rumah saya, mo beresin apa saya di sini? Mana barang2 saya? Hhhhmmmm helaan nafas panjang dan tangisan mulai terdengar, bahkan jeritan STRESS saudara2 kita.

Apa yang salah? Dan siapa yang salah? SEMUA SALAH dan ini SALAH SEMUA!!!! Sayang dan sangat disayangkan saling menyalahkan dan merasa dirinyalah yang benar, itulah yang selalu terjadi ditengah2 kita. Tidak ada rasa introspeksi dan mengerti satu sama lain, tapi yang ada semua menyelamatkan diri sebaik2nya walaupun sebenarnya mereka tau bahwa mereka itu salah.

Salah GUBERNUR kita kah yang demen ama bangunan tinggi dan jalanan kayak di luar negeri, ato sindrom pemerintahan kitakah yang selalu ngimpi ingin membentuk negara kita seperti LUAR NEGRI??? Gubernur kita Bang YOS berkali2 selalu bilang ini terjadi karena “FENOMENA ALAM”, FENOMENA ALAM? Yakin bang? Ahh masa sih? FENOMENA Bang YOS kali… bersilat lidah dan saling menyalahkan itu yang sekarang terjadi di pemerintahan kita, semua sama2 mo enak, walau akhirnya bikin pihak lain sengsara ga usah peduli, yang penting enakkkkk!!!! !!!!!!!!! ! Yah akhirnya inilah yang terjadi kini di pemerintahan kita. Tanya KENAPA???!!!


Belum kelar masalah BANJIR, kini hampir di semua penjuru daerah Indonesia, sedang bersusah payah menghidupi dirinya masing2. Miris rasanya, Indonesia yang dikenal hijau dan kaya rempah juga beras, sekarang harus mengais-ngais dan rela antri berpanas2 hanya untuk mendapatkan beras, yang banyak di antaranya sudah berkutu dan rasanya PERA!!! Bahkan sampe sekarang tiap hujan tiba, semua pada trauma dan takut, karena masih ada beberapa daerah yang rawan banjir walau hujan turun ga deras2 amet. Belum lagi yang terkena longsor. Aduh kalo liat berita rasanya kok bencana mulu ya di beritakan???

Lalu baru2 ini bagaikan adegan TITANIC, kembali Kapal Laut kita LEVINA I, mengambil korban, rasanya bencana ga ilang2 ya?

Kami yang di Indonesia mohon Doa agar diberikan rahmat, hidayah dan kemurahan-Nya agar di berikan kemudahan bagi kita semua dalam menjalankan hidup, dan semoga pemerintahan kita kembali bangkit dari kesusahan dan kedukaan sehingga menjadi negara yang terpandang di dunia, amin....

Saya rasa sekian dulu kabar dari saya di Jakarta. Mudah2an berita ato cerita yang akan datang ga sedih2 amet ya ceritanya...

Ok deh sekarang dian mo bobo dulu ya, dah malem nih, besok harus survei tempat, biasa tugas dinas kantor... hehehehe....


Salam Anget,
DHB

0 comments: